edit

Tuesday, September 19, 2023

Konsep Basis Data - Pengguna dalam Basis Data

Pengguna dalam Basis Data

Berbicara tentang pengguna dalam suatu basis data tentunya sangatlah luas, tidak hanya terbatas berhenti pada seorang database administrator saja. Berikut disajikan beberapa pengguna dalam basis data yang perlu kita ketahui.

  1. Database administrator. Dia adalah seorang yang mengorganisasi seluruh sistem di dalam basis data. Seorang database administrator harus mampu melakukan manajemen database, melakukan koordinasi dan monitoring serta bertanggungjawab dalam kebutuhan hardware dan software.
  2. Database designer. Dia adalah orang yang bertugas dalam perancangan dan pengembangan database. Seorang database designer harus mampu melakukan identifikasi data dalam database serta menentukan struktur data untuk disimpan dalam database.
  3. Application programmer. Bertugas untuk berinteraksi dengan basis data melalui data manipulation language.
  4. End user. End user adalah seorang pengguna yang memanfaatkan akses ke database melalui query, menambah, merubah, menghapus, maupun membuat laporan database.
  5. System analyst. System analyst adalah seorang pengguna yang merencanakan dan menentukan kebutuhan sistem.
Selain pengguna yang disebutkan diatas tentunya masih banyak lagi pengguna dalam basis data lainnya. So, kamu termasuk jenis pengguna yang mana nih?

0 comments:

Post a Comment