edit

Wednesday, June 29, 2011

Latihan : Materi Capturing Tacit Knowledge

Latihan :
Materi Capturing Tacit Knowledge


1. Jelaskan yang dimaksud dengan Tacit Knowledge !
Tacit knowledge berarti suatu pengetahuan yang sulit untuk ditransfer ke orang lain, bukan berarti tidak bisa ditransfer, namun perlu waktu yang lama dalam proses transfer pengetahuan ini.

2. Berikan contoh tacit knowledge !
Contoh sederhana dari tacit knowledge adalah seseorang yang memiliki pengetahuan atau keahlian dalam hal mengendarai mobil dan kemudian mentransfer pengetahuannya itu kepada orang lain. Belum tentu orang yang menerima keahlian mengendarai mobil tersebut langsung dapat mempraktekkan ilmu tersebut, karena pada dasarnya kemampuan mengendarai mobil itu didasarkan pada intuisi dan pengalaman juga.

3. Apa perbedaan yang paling mendasar dari Tacit dan Explicit Knowledge !
Perbedaan mendasar antara tacit knowledge dan explicit knowledge terletak pada jenis dari knowledge yang ditransferkan, dimana tacit knowledge lebih banyak berkenaan dengan pengetahuan yang bersifat batiniah, artinya sangat dipengaruhi pengalaman si pemilik knowledge, bagaimana sikap mentah dan pandangan atas suatu masalah yang ada. Sedangkan explicit knowledge lebih berkenaan dengan pengetahuan yang telah dijabarkan dengan tertata pada buku dan media pembelajaran yang dapat dibaca dan seketika itu juga, si pembaca dapat memahami dan sedikit banyak menerima isi dari pengetahuan yang disampaikan

4. Apa yang dimaksud dengan Capturing Knowledge !
Knowledge Capturing merupakan kegiatan untuk menuliskan pengetahuan yang bersifat Tacit dari seorang pegawai menjadi sebuah pengetahuan yang bersifat Eksplisit (bisa dipelajari) untuk kemajuan Perusahaan.

5. Sebutkan indikator-indikator apa saja yang digunakan untuk mengambil pengetahuan dari seorang ahli !
Mengetahui kapan harus menduga dan kapan melakukan pengecualian. (biasanya berdasarkan pengalaman) Melihat gambaran secara keseluruhan terhadap suatu masalah. Memiliki keahlian komunikasi yang baik. Men-tolerir terhadap adanya stress khususnya ketika knowledge developer memiliki kesulitan dalam pemahamannya. Berpikir secara kreatif dalam memecahkan masalah atau penjelasan terhadap suatu masalah. Memiliki kepercayaan diri dan mampu menjaga kredibilitas. Mempunyai sekelompok pengetahuan yang saling berkaitan. Mengerjakan dengan berorientasi pada struktur, berpikir secara realistis. Memiliki motivasi dan antusias terhadap pekerjaan. Mau dalam berbagi kepakaran. Menunjukkan kebiasaan mengajar dengan baik.

6. Teknik apa saja yang digunakan untuk mengcapture sebuah pengetahuan ?
- Interview

7. Jelaskan masalah-masalah apa saja yang ditemukan pada saat wawancara dalam mengcapture pengetahuan !
- Analogi dan ketidakjelasan dalam informasi
- Pemahaman pengalamannya kurang
- Masalah bahasa

1 comments: